Analisis PT. GUDANG GARAM .Tbk

Sejarah PT. GUDANG GARAM .Tbk
Gudang Garam, Tbk. merupakan produsen rokok kretek terkemuka di  Indonesia. Didirikan pada 26 Juni 1958 oleh Surya Wonowidjojo(Tjoa Ing Hwie ) dan perusahaan ini merupakan perusahaan tertua dan terbesar di Indonesia dalam produksi rokok kretek. Perusahaan Gudang Garam, Tbk. berletak di Kediri Jawa Timur.

Jenis dan Bentuk Perusahaan
Terdapat jenis-jenis perusahaan yang ada di Indonesia , yaitu :
1. Perusahaan Manufaktur
Perusahaan ini mengubah input dasar menjadi produk jadi yang akan dijual kepada masing-masing pelanggan. Contoh perusahaan yang tergolong dalam perusahaan manufaktur, seperti PT Gudang Garam dengan produk utamanya adalah rokok, PT Unilever yang menghasilkan barang-barang konsumsi, seperti pasata gigi, sabun mandi, dan sebagainya.

2. Perusahaan Dagang
Perusahaan ini juga menjual produk ke pelanggan, tetapi perusahaan ini tidak memproduksi sendiri barang yang akan dijual. Perusahaan membeli dari perusahaan lain barang yang akan dijualnya. Contoh perusahaan dagang adalah Alfamart, Alfa, Hero, dan sebagainya.

3. Perusahaan Jasa
Perusahaan ini menghasilkan jasa, bukan barang atau produk yang kasat mata. Contoh perusahaan ini adalah Hotel Santika, Biro Perjalanan Shafira, dan sebagainya.

Dari pernyataan di atas sudah jelas, PT. GUDANG GARAM .Tbk termasuk jenis perushaan manufaktur di karenakan PT. GUDANG GARAM .Tbk lebih mengutamakan produk utamanya yaitu rokok yang berkualitas baik di banding mesti harus turun ke lapangan untuk menjual produknya.


Bentuk perusahaan  , yaitu
1.Usaha Perseorangan
2. Firma (Fa),
3. Perseroan Komanditer (CV),
4. Perseroan Terbatas  (PT),
5. Perusahaan Negara Umum (PERUM),
6. Koperasi,
7. Yayasan

Dari data di atas, PT. GUDANG GARAM .Tbk termasuk dalam “Perseroan Terbatas” karena pengertian PT sendiri ialah badan usaha yang berbentuk badan hokum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, dan melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham UUD no 40 tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas . Di Gudang Garam, perusahaan memandang kinerja Perseroan lebih dari sekadar pencapaian tujuan finansial. Meski demikian, kinerja saham yang senantiasa mengalami peningkatan bisa menjadi gambaran tentang cara Gudang Garam mengelola bisnis.


Pengertian Modal

Dahulu, modal awal perusahaan didapat dari tabungan hasil jerih payah Surya Wonowidjojo selama bekerja sebelumnya, Gudang Garam memulai produksi perdananya, berupa rokok klobot dan sigaret kretek tangan (SKT). Perusahaan terus berkembang dengan pesat hingga dalam waktu yang relatif singkat kehadiran Gudang Garam semakin diperhitungkan oleh pabrik rokok lainnya.Untuk sekarang ini, PT. GUDANG GARAM .Tbk memandang kinerja harga saham agar senantiasa mengalami kenaikan.


 Sumber Modal

Sumber Modal ada 2 jenis , yaitu :

1.Sumber Intern : modal yang di hasilkan dari dalam perusahaan sendiri
2.Sumber Ekstern : modal yang berasal dari luar perusahaan

Pada tahun 2012, nilai penjualan Gudang Garam meningkat 17% menjadi Rp 49,0 triliun. Hal ini terutama disebabkan oleh pertumbuhan volume penjualan keseluruhan sebesar 6,8% dan penyesuaian harga jual rata-rata sebesar 8,5%.

Efek-Efek Ekonomis Perusahaan
Terhadap anggota :
Kinerja tim yang baik merupakan tulang punggung yang melandasi berjalannya fungsi perusahaan. Secara fungsional, Gudang Garam dikelola oleh tim perusahaan yang menganut asas tata perusahaan yang baik dan bertanggung jawab.

Laporan Keuangan
Ekuitas Perseroan naik 8,4% menjadi Rp 26,6 triliun dibandingkan tahun 2011 yang senilai Rp 24,5 triliun. Nilai tersebut berasal dari laba yang ditahan setelah dikurangi dengan pembayaran dividen kepada pemegang saham atau pemilik. Rasio utang terhadap ekuitas menguat menjadi 56% dibandingkan tahun 2011 yang sejumlah 59%, dan Perseroan tetap konservatif.

Peranan Perusahaan
Berawal dari Industri rumahan (home-industry), Gudang Garam telah tumbuh dan berkembang dengan tata kelola perusahaan (good corporate governance) yang berdasarkan pada filosofi Catur Dharma. Nilai-nilai tersebut merupakan panduan Perseroan kepada segenap pemegang saham, karyawan dan masyarakat.Berikut filosofi Catur Dharma :
  1. Kehidupan yang bermakna dan berfaedah bagi masyarakat luas merupakan suatu kebahagiaan.
  2. Kerja keras, ulet, jujur, sehat dan beriman adalah prasyarat kesuksesan.
  3. Kesuksesan tidak dapat terlepas dari peranan dan kerjasama dengan orang lain.
  4. Karyawan adalah mitra usaha yang utama.



Sumber : http://www.gudanggaramtbk.com/
                http://www.legalakses.com/pengertian-perseroan-terbatas/
                http://jurnal-akuntansi.blogspot.com/2013/04/jenis-jenis-perusahaan.html
                http://jawatimuran.wordpress.com/2012/10/23/surya-wonowidjojo-gudang-garam/ 




Komentar

Postingan Populer