SOFT SKILL 2 (PEREKONOMIAN INDONESIA)

Hatta Rajasa: Indonesia sedang Bergerak Maju


Hatta Rajasa saat menyampaikan ceramah tarawih di Masjid Salman ITB. Menurutnya, ekonomi Indonesia tengah bergerak maju. (Foto: Fery AP)
Kita perlu memandang positif kondisi Indonesia. Demikian pesan Ir. M. Hatta Rajasa dalam ceramah tarawih di Masjid Salman ITB, Ahad (22/7). Menurut beliau, kita patut bersyukur atas perkembangan perekonomian Indonesia. Indonesia sedang bergerak maju.
Buktinya, menurut Menko Perekonomian RI ini, antara lain adalah meningkatnya pendapatan per kapita nasional. “Pada tahun 1999, pendapatan per kapita kita hanya USD 500. Tahun ini sudah USD 3.500,” ujar aktivis Salman era ‘70-an ini. Bukti lain adalah utang luar negeri yang tinggal 24% dari GDP (Gross Domestic Product). Pada awal reformasi, utang tersebut mencapai 100% dari GDP.
Dengan pertumbuhan ekonomi antara 6-7% seperti sekarang, Hatta optimis pendapatan per kapita nasional akan mencapai USD 16 ribu pada 2025. Syaratnya: pemerataan pembangunan di seluruh wilayah. Selain itu, Indonesia harus menekankan added value, tidak lagi hanya menjual bahan mentah.
Kedua hal tersebut memerlukan knowledge based economy yang ditopang oleh knowledge based society. Di sinilah menurut Hatta, ITB dan Salman dapat berperan. Sebab menurut Hatta, “Kita masih kekurangan 25 ribu insinyur sampai tahun 2025.” [salim]   

sumber : http://salmanitb.com/2012/07/hatta-rajasa-indonesia-sedang-bergerak-maju/ 

Komentar

Postingan Populer