Tugas Soft Skill 3 (Perekonomian Indonesia)

PERANAN BAPPEDA PROVINSI SUMATERA BARAT DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN PELEBARAN JALAN DI PERBATASAN PADANG – SOLOK (INDARUNG – LUBUK SELASIH)

Doni Setiawan, Maiyestati maiyestati, Nurbeti nurbeti


Pembangunan adalah proses perubahan yang dapat dipahami dan dijelaskan dengan cara berbeda. Perbedaan dapat dilihat dalam sumber dan faktor yang mendorong perubahan baik dalam posisi lebih dominan maupun sumber perubahan internal atau eksternal. Salah satu pembangunannya adalah peningkatan ruas jalan Indarung hingga Lubuk Selasih sepanjang 22 Km yang tak sekedar perbaikan sekaligus meningkatkan kelas jalan dari kelas IIIA menjadi kelas II dengan beban muatan 10 ton dana dari APBN.

Permasalahan yang dibahas adalah Peranan Bappeda Provinsi Sumatera Barat dalam perencanaan pembangunan pelebaran jalan di perbatasan Padang – Solok, Hubungan kerja Bappeda Provinsi Sumatera Barat dengan dinas pemerintah dalam pelebaran jalan di perbatasan Padang – Solok.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum sosiologis yaitu data yang diperoleh dari masyarakat melalui penelitian lapangan yang dilakukan wawancara dan studi dokumen.
Hasil penelitian disimpulkan, Peranan Bappeda Provinsi Sumatera Barat dalam perencanaan pembangunan pelebaran jalan di perbatasan Padang – Solok yaitu mengusulkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang, Rencana Pembangunan Jangka Menengah sebagai acuan Bappenas dan Kementrian PU untuk menghasilkan Rencana Tata Ruang Wilayah nasional serta mengusulkan anggaran yang akan dikeluarkan. Hubungan kerja Bappeda Provinsi Sumatera Barat dengan Dinas Pemerintah dalam pelebaran jalan di perbatasan Padang – Solok seperti Bappeda Provinsi Sumatera Barat Instansi Daerah Sumatera Barat serta Bappeda Provinsi Sumatera Barat dengan Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional Sumatera Barat.

sumber : http://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFH/article/view/621

Komentar

Postingan Populer