BAB 11 Akutansi dan Laporan Keuangan
1. Definisi Akuntansi
Definisi akuntansi dapat dilihat dari
2 (dua) sudut pandang yaitu:
1. Fungsi dan Kegunaan
Akuntansi merupakan aktivitas jasa yang berfungsi
memberikan informasi kuantitatif mengenai kesatuan-kesatuan ekonomi terutama
yang bersifat keuangan yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan.
2. Proses Kegiatan
Akuntansi adalah seni mencatat,
mengklasifikasi dan mengikhtisarkan transaksi-ttransaksi kejadian yang
sekurang-kurangnya atau sebagaian bersifat keuangan dengan cara menginterpretasikan
hasil-hasilnya.
2. Fungsi Akuntansi
Fungsi utama
akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan
akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan suatu organisasi beserta perubahan
yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan
ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak
manajer/manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.
3. Pihak-pihak Yang Berkepentingan
- Para pemilik dan calon pemilik perusahaan
Para
pemilik dan calon pemilik perusahaan berkepentingan untuk mengetahui
perkembangan dan kondisi keuangan perusahaan. Kalau kalian jadi pemilik usaha
pasti kalian mau tau dong perkembangan usaha kalian.
- Para pengelola perusahaan
Para pengelola perusahaan ini adalah para manajer, jajaran direksi. Bagi
pengelola perusahaan akuntansi digunakan untuk berbagai tujuan. Diantaranya
informasi bagi manajemen sebagai bahan analisa dan interpretasi dalam melakukan
evaluasi atas kegiatan dan pencapaian hasil yang direncanakan perusahaan.
- Para pegawai/karyawan perusahaan
Para pegawai/karyawan perusahaan sebenarnya sangat
berkepentingan untuk mendapatkan informasi keuangan perusahaan. Hal ini
dihubungkan dengan hak-hak pegawai dalam bidang penggajian, gratifikasi ataupun
bonus (jasa produksi) serta perangsang sosial lainnya dari perusahaan untuk
tujuan kesejahteraan perusahaan yang pada akhirnya akan meningkatkan pengabdian
pegawai pada perusahaan. Wah, berarti sebagai pegawai kita juga perlu tahu nih
laporan keuangannya perusahaan biar kita ga dibodoh-bodohin sama pemiliknya.
- Para investor
Kalau kita mau
invest dana tentunya kita bakalan nyari perusahaan yang kondisinya bonafid
dong, iya kan? Nah, para investor luar yang bermaksud menginvestasikan modalnya
ke dalam suatu perusahaan, untuk keamanan pelaksanaan investasinya harus
terlebih dahulu mengetahui kemampuan perusahaan yang bersangkutan agar jangan
sampai dananya terbuang sia-sia. Bukannya untung, malah buntung.
- Para kreditor
Para kreditor seperti bank
pemberi kredit sangat memerlukan laporan keuangan perusahaan yang akan
diberikan kredit untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan
keputusan penetapan pemberian kredit. Sama seperti investor, para kreditor juga
cuma mau memberikan dananya pada perusahaan yang bonafid.
- Pemerintah
Pemerintah sangat
berkepentingan dalam menilai maju mundurnya perusahaan yang ada di negaranya,
misalnya saja untuk menentukan kebijaksanaan sumber penerimaan negara dari
sektor pajak atau menentukan kebijaksanaan lain yang berkaitan dengan pemberian
fasilitas tertentu dari pemerintah.
- Rekanan perusahaan
Yang dimaksud dengan
rekanan perusahaan di sini ialah perusahaan-perusahaan lain yang diajak kerja
sama dalam suatu kegiatan atau proyek-proyek pekerjaan tertentu yang sifatnya
bekerja sama untuk saling mendukung dalam penyelesaian kegiatan yang digarap
bersama.
4. Prinsip Akuntansi
Dalam “Prinsip Akuntansi Indonesia” yang disusun oleh Ikatan
Akuntan Indonesia disebutkan maksud laporan akuntansi antara lain : (telah
diperbaharui dengan Standar Akuntansi Keuangan namun prinsip dasarnya adalah
sama).
Perusahaan terpisah dengan
pemilik dan perusahaan lainnya, maksudnya akuntansi membedakan asset yang
menjadi asset perusahaan dan asset milik pribadi pemilik.
Memenuhi keperluan, yaitu
informasi yang dihasilkan akuntansi mempunyai tujuan yang jelas. Tidak asal
dibuat. Hal ini menyebabkan sistem akuntansi suatu perusahaan tidak sama dengan
sistem akuntansi perusahaan lainnya, karena setiap perusahaan mempunyai
kebutuhan berbeda sesuai dengan pengaruh lingkungannya.
Memberikan informasi keuangan secara kwantitatif
mengenai perusahaan tertentu agar pemakai/manajemen dapat mengambil keputusan
ekonomi
Memberikan informasi keuangan yang dapat dipercaya sehingga
membantu pemakai/manajemen dalam menaksir kemampuan perusahaan memperoleh laba.
Menyajikan informasi mengenai perubahan-perubahan harta dan
kewajiban serta informasi lainnya yang diperlukan.
- Bermutu
- Relevan
- Jelas dan dapat dimengerti
- Dapat diuji
- Dapat dibandingkan
- Lengkap
- Netral
5. Pengertian Laporan Keuangan
Hasil dari proses akuntansi yang dapat digunakan
sebagai alat berkomunikasi dengan pihak-pihak
Yang berkepentingan dengan kondisi keuangan dan hasil operasi
perusahaan .
6. Isi Laporan Keuangan
- Neraca
- Laporan laba rugi
- Laporan perubahan ekuitas
- Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas ataulaporan arus dana
- Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan
7. Bentuk Neraca
Neraca dapat disusun dalam dua bentuk: yaitu bentuk skontro dan bentuk staffel.
Bentuk skontro, artinya menyusun harta pada sisi kiri dan utang pada sisi kanan
atau sebelahmenyebelah. Sedangkan bentuk staffel sering disebut dengan bentuk
laporan, yaitu menempatkan harta pada bagian atas neraca dan utang dengan modal
di bagian bawahnya. Coba Anda bedakan kedua bentuk neraca berikut.
Perbedaan neraca bentuk staffel dengan
skontro adalah bentuk staffel disusun secara vertikal. Harta pada bagian atas
dan utang dengan modal pada bagian bawah. Sedangkan bentuk skontro, harta
(aktiva) pada sisi kiri, utang dan modal pada sisi kanan.
8.Laporan Laba Rugi
adalah bagian dari laporan
keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang
menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan
suatu laba (atau rugi) bersih.
9. Bentuk Laba Rugi
Bentuk single step dari laporan laba-rugi
digunakan secara luas dalam pelaporan keuangan, meskipun dalam tahun-tahun
terkhir betuk bertahap (multiple step) mulai semakin popular. Keuntungan
utama dari format single terletak pada kesederhanaan penyajian dan tidak adanya
implikasi bahwa satu jenis pos pendapatan atau beban mempunyai prioritas
atas yang lain. Dengan demikian menghilangkan masalah klsifikasi yang
potensial. Bentuk multiple step. Beberapa akuntan menyatakan bahwa ada
hubungan lain yang penting dalam data pendapatan dan beban dan bahwa
perhitungan laba-rugi menjadi lebih informatif dan lebih berguna apabila
menunjukkan klasifikasi.
10. Tujuan Laporan Keuangan
Untuk tujuan umum adalah menyediakan
informasi yang menyangkut posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi
sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi serta menunjukkan kinerja
yangg telah dilakukan manajemen (stewardship) atau pertanggungjawaban manajemen
atas penggunaan sumber-sumber daya yang dipercayakan kepadanya.
DAFTAR PUSTAKA
zulidamel.wordpress.com
www.e-dukasi.net/index.php?mod=script&cmd.../view&id
http://asrulfantri.blogspot.com/2012/11/tugas-softskill-pengantar-bisnis-bab-11.html
Komentar
Posting Komentar